Pentingnya menjaga produksi kolagen kulit agar tetap awet muda


Setiap manusia pasti membutuhkan kolagen untuk kesehatan tubuhnya, terutama untuk kesehatan kulit, kesehatan tulang, kesehatan otot dan kesehatan urat. Apa hubungannya dengan produksi kolagen dapat membuat awet muda? Kolagen merupakan protein yang terdapat dalam tubuh kita yang fungsinya untuk perekat kesuluruhan tubuh kita dan menyumbang kekuatan dan struktur tubuh.

Pada kulit, kolagen akan mempengaruhi struktur kulit dan kekuatannya, senyawa ini juga akan mempengaruhi akan pergantian sel kulit lama dengan sel kulit baru. Untuk anda yang masih kalangan muda senyawa ini akan memberikan kelembaban dan membuat kulit elastis. 

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi senyawa ini akan berkurang hal ini normal terjadi dan pasti akan terjadi pada setiap orang. Penurunan produksi kolagen akan berakibat kulit kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput pada kulit.

Namun tidak hanya faktor usia, ada banyak hal lain yang juga bisa menurunkan produksi kolagen sebelum waktunya, antara lain :


1. Sinar Ultraviolet
Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat memecah kolagen dan merusak seratnya. Selain itu, elastin, protein yang membuat kulit kelastis & kencang, juga turut terkena dampaknya. Oleh sebab itu pemakaian sunscreen sangatlah penting untuk mencegah kerusakan kolagen akibat sinar ultraviolet ini.

2. Rokok
Bagi anda yang merokok harus waspada. Ribuan bahan kimia yang terkandung dalam sebatang rokok bisa merusak kolagen dan elastin. Nikotin contohnya, dapat mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke kulit.

3. Diet Tinggi Gula
Hati-hati bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan yang manis/ tinggi gula. Ketika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi gula maka akan menyebabkan kadar glukosa darah menjadi tinggi. Tingginya  glukosa darah ini dapat memicu terbentuknya molekul yang dinamakan dengan AGEs (advanced glycation end products). Molekul ini akan merusak protein yang ada di sekitarnya termasuk kolagen. Oleh karena itu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.


Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Dalam Tubuh
Untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam amino, hal ini dikarenakan kolagen dapat terbentuk dengan adanya asam amino esensial. Zat ini dapat ditemukan di: susu, ikan, telur, makanan laut, dan daging. Selain itu kebanyakan sayuran juga mengandung asam amino.

Selain, produksi kolagen ini juga dapat dipicu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin A, Vitamin C, Antosianidin (buah ceri), Tembaga (kacang-kacangan, kerang, air minum), serta prolin (keju, kedelai).


Sumber : http://www.clubaes.com/news/news_view.html?seq=3108&c1=


Selain menjaga diet/ asupan makanan kita, juga sangat disarankan untuk melakukan treatment sejak usia dini, karena berdasarkan penelitian, kulit kita mulai kehilangan kolagen sebanyak 1% per tahun sejak usia 20-an.

Beberapa treatment yang dapat anda lakukan di Mercia Beauty Centre untuk menjaga produksi kolagen antara lain :

1. MBC Skin Care
Biasakan untuk rutin menggunakan Skin Care dalam rutinitas harian anda. MBC Day Cream mengandung asam buah-buahan yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit. MBC Night Cream berfungsi untuk menutrisi sel kulit. Jangan lupa juga untuk melindungi kulit anda dengan MBC Sunscreen agar terlindung dari dampak negatif sinar UV.

2. Lakukan Mercia Facial Treatment & Chemical Peeling secara rutin minimal setiap sebulan sekali untuk menjaga kebersihan kulit dan menjaga regenerasi kulit anda.

3. Mercia Vampire PRP Treatment atau Mercia Skin Growth Rejuvenation Treatment
Kedua treatment tersebut sangat baik untuk memicu produksi kolagen kulit, sehingga dapat memperbaiki bekas luka, bekas jerawat berlubang, memudarkan kerut-kerut halus, dan memudarkan bintik hitam kulit.
Cara kerja kedua treatment tersebut yaitu dengan menggunakan 'Growth Factor' (GF), suatu protein alami yang terdapat di dalam tubuh yang dapat memicu produksi kolagen, perbedaannya terletak pada sumber GF nya.
Mercia Vampire PRP Treatment mengambil dari darah kita sendiri yang kemudian diproses dengan mesin tertentu untuk menghasilkan GF, sedangkan Mercia Skin Growth Rejuvenation Treatment menggunakan serum GF yang telah dipurifikasi, sehingga tidak perlu melalui proses pengambilan darah.
Untuk pemilihan treatment ini, anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami sebelumnya.

4. Mercia Skin Hydration Treatment
Treatment ini dilakukan dengan cara menyuntikkan suatu bahan yaitu Asam Hyaluronat langsung ke dalam lapisan kulit. Asam Hyaluronat ini merupakan zat alami yang terdapat dalam kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban & kadar air kulit, menjaga elastisitas & kekenyalan kulit, serta memicu produksi kolagen.
Mercia Skin Hydration Treatment ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kulit secara keseluruhan. Tidak hanya untuk wajah saja, treatment ini juga dapat dilakukan untuk area leher, punggung tangan, juga bibir untuk melembabkan bibir.



Mercia Beauty Centre
Jl. Raya Nginden No.3 Kav.9
Surabaya
031-5914675
082147416870
Pin BB : 289c9bef
Line@ : @tac4297t
Follow IG : @merciabeautycentre

Comments