Tips Berpuasa – Mencegah & Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Salah satu tantangan dalam berpuasa adalah ketika kita tidak minum selama lebih dari 12 jam, dari saat sahur hingga saat berbuka puasa.

Hal ini menjadi tantangan yang cukup berat terutama bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis. Sehingga besar kemungkinan untuk terjadinya dehidrasi. 



Tubuh terus kehilangan cairan melalui proses pernafasan, keringat dan kencing, tanpa diimbangi dengan adanya input cairan.
Hal ini dapat dicegah bila tubuh kita ter-rehidrasi secara tepat sebelum puasa dimulai. 

Berikut beberapa tips untuk menjaga tubuh kita tetap ter-rehidrasi selama bulan puasa:
  •  Batasi/hindari konsumsi makanan/minuman yang mengandung diuretik (bahan-bahan yang meningkatkan produksi kencing) terutama pada saat sahur. Misalnya : kopi, teh, soda. 
  • Bila anda mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat diuretik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat tersebut. 
  • Mengkonsumsi bahan-bahan yang bersifat diuretik tersebut akan meningkatkan produksi kencing sehingga akan memperbesar pula resiko terjadinya dehidrasi.
Kuncinya adalah dengan menjaga keseimbangan antara input dan output cairan.
Cairan dalam hal ini tidak hanya berarti air putih, bisa juga melalui makanan yang anda makan. Makanan yang berkuah seperti sop, soto, atau buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, dll juga dapat membantu keseimbangan input cairan tubuh anda.
Cobalah minum air putih sebanyak-banyak nya, pada saat sahur terutama, dan pada saat berbuka, minimal 8 gelas sehari.





Dan apabila sudah terjadi gejala dehidrasi, seperti badan terasa lemas, otot kaku dan kram, pusing, hingga pandangan menjadi gelap dan rasa ingin pingsan, segera rebahkan tubuh anda. Posisikan tubuh tidur terlentang dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala, lalu segera rehidrasi tubuh anda dengan minum air putih secukupnya. 


Semoga info ini dapat berguna..
Selamat menjalankan ibadah puasa..

by: dr. Magdalena, M.Biomed (AAM) of Mercia Beauty Centre 

Comments